Sport » Rally » International Events
Short URL:
World Rally Championship 2012
Catatan Rifat Sungkar Langsung Dari Rally Perancis
Wed, 10 Oct 2012 | 16:00
Teks :
Dibaca : 4.108 kali

SPORTKU.COM - STRASBOURG, Perancis -  Di Rallye de France, putaran ke-11 World Rally Championship yang digelar  padav4 – 7 Oktober 2012, Rifat Sungkar berhasil mengibarkan Merah Putih di Perancis. Rifat Sungkar, yang membawa nama Fastron World Rally Team dan ditemani oleh Scott Beckwith sebagai navigator, berhasil meraih Juara Pertama untuk kelas Group N – Production Car dan juga Juara Pertama di kelas Rally Class, setelah melalui pertarungan sengit dan menegangkan. Berikut adalah beberapa catatan Rifat Sungkar pada saat mengikuti Rallye de France 2012.

Rifat Sungkar dan Scott Beckwith saat berada di podium dan diberikan piala sebagai Juara Pertama Group N-Production Car dan Rally Classrally perancis, rifat sungkar, scoot Beckwith, Rifat juara Rally de France, pereli indonesia, fastron world rally team, merah putih

“Rally Perancis ini adalah rally yang sangat menantang buat kita karena lintasan aspal di ajang reli ini sangat terkenal dengan kecepatan yang sangat tinggi,” ujar Rifat mengawali cerita perjuangannya di Rally Perancis. “Dan satu hal lagi yang menjadi tantangan adalah sebagian besar lawan yang kami hadapi sudah berpengalaman dan sangat ahli di lintasan ini.”

“Mulai dari Leg 1 sampai Leg 3, lintasan yang kami lewati sangat sulit dan beragam. Mulai dari lintasan yang berliku dengan kecepatan yang sangat tinggi, mendaki dan menuruni bukit, seperti jalanan di daerah Puncak. Kemudian, lintasan yang sempit dengan tikungan 90 derajat yang tajam melewati perkebunan anggur, mirip dengan lintasan di Rally Jerman sebelum ini. Terdapat juga Street Stage yang berlangsung di tengah-tengah kota, dengan tikungan yang luar biasa sempit dan tajam. Kesalahan sedikit saja dapat berakibat fatal di sini,” lanjut Rifat bercerita.

Rifat Sungkar dan Scott Beckwith sebagai Juara Pertama Group N-Production Car dan Rally Class, Rally de FranceWRC Perancis, Rifat Sungkar Juara di Perancis, fastron world rally team, pereli indonesia, balap reli

“Hasil yang kami raih saat ini bukan tanpa usaha yang keras, karena kami terlibat dengan pertarungan yang sangat sengit dengan rival saya di Rally Class, Ricardo Trivino. Di Leg 1 section 1, kami berhasil unggul beberapa detik dari Ricardo, namun di section 2, pertarungan mulai memanas dan Ricardo mulai mempertipis selisih catatan waktunya dengan kami.

Di Leg 2 section 1, kami hampir seimbang dalam catatan waktu, namun di section 2 kami mengalami masalah pada Anti Lag System untuk turbo, sehingga kehilangan tenaga untuk putaran bawah mobil. Ini merupakan kerugian yang cukup signifikan bagi kami, karena di section ini tenaga bawah sangat dibutuhkan karena banyak sekali tikungan 90 derajat yang sempit, di lintasan yang melewati perkebunan anggur. Akibatnya, kami yang sempat unggul 47 detik di awal Leg 2, harus rela kehilangan banyak waktu dan tertinggal 8,5 detik oleh Ricardo Trivino,” aku Rifat.

rally perancis, rifat sungkar, scoot Beckwith, Rifat juara Rally de France, pereli indonesia, fastron world rally team, merah putih

“Leg 3 merupakan pertarungan terakhir dengan persaingan yang semakin memuncak. Prakiraan cuaca menyatakan kalau akan turun hujan. Tim sudah menanyakan apakah kami akan menggunakan ban tipe soft atau hard. Ini merupakan keputusan yang cukup sulit untuk diambil dan sangat menentukan. Jika dilihat dari jarak tempuh, ban tipe soft tidak akan mampu menyelesaikan keenam SS ini secara berturut-turut, karena tidak ada service park di tengah-tengah hari seperti hari sebelumnya. Namun, ban tipe hard, meskipun dapat bertahan di enam SS, tidak akan memiliki grip yang baik jika hujan turun dan lintasan menjadi basah. Meskipun sempat mengalami dilema, akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan ban tipe soft.

Di pagi hari terakhir hujan turun dengan sangat deras, dan kami berhasil membalikkan keadaan, dan unggul 30 detik dari Ricardo Trivino di SS pertama. Di SS berikutnya, kami kembali mengahadapi masalah. Mobil kami berputar 180 derajat saat berada di gigi 4 karena tergelincir lumpur di tikungan cepat. Untungnya, kami berhasil memulihkan kendali mobil dan berhenti dengan separuh mobil sudah keluar lintasan. Kami berhasil meneruskan pertarungan dan menyelesaikan SS tersebut, meskipun tertinggal 12 detik dari Ricardo, yang mempertipis keunggulan kami menjadi 10 detik saja,” ujar Rifat.

Sissy Priscillia yang di Rally Perancis kali ini mendukugn langsung sang suami, turut bahagia atas keberhasilan yang dicapai Rifat Sungkarrally perancis, rifat sungkar, scoot Beckwith, Rifat juara Rally de France, pereli indonesia, fastron world rally team, merah putih

“Di dua SS berikutnya kami berhasil unggul dan memperbesar keunggulan kami. Saat mengulang lintasan yang sama yang membuat kami tergelincir di pagi hari, kali ini giliran Ricardo Trivino yang tergelincir sehingga keluar lintasan. Akibat hal ini, Ricardo kehilangan waktu 1,5 menit, dan kami berhasil mempertahankan keunggulan kami sampai akhir reli dan berhasil menjadi juara pertama di kelas Group N – Production Car dan Rally Class,” tambah Rifat.

“Penyerahan trophy kepada para juara di masing-masing kelas dilakukan di Zenith Dome, seperti Jakarta Convention Centre di Jakarta. Prosesi ini disaksikan sekitar 15.000 orang. Sungguh sangat luar biasa apa yang kami rasakan di sini. Dari seluruh peserta, hanya 10 kendaraan yang berhak untuk masuk ke dalam dan ikut dalam acara ini. Dan di sana ada satu perserta dari Indonesia, seorang pereli Indonesia, bernama Rifat Sungkar, yang dengan bangga mengibarkan bendera Merah Putih. Sungguh suatu momen yang tidak akan pernah terlupakan,” jelas Rifat.

rally perancis, rifat sungkar, scoot Beckwith, Rifat juara Rally de France, pereli indonesia, fastron world rally team, merah putih

“Terima kasih untuk semuanya yang sudah mendukung saya, Pertamina Fastron, keluarga saya, khususnya mama dan Sissy, istri saya tercinta, dan juga seluruh bangsa Indonesia. Ini adalah awal dari suatu perjalanan panjang untuk terus dapat berprestasi dan mengibarkan Merah Putih di kejuaraan reli dunia,” tutup Rifat Sungkar.

Setelah dari Rallye de France, Fastron World Rally Team akan menuju Olbia, Italia untuk mempersiapkan diri dalam  menghadapi putaran ke-12 WRC, Rally d'Italia Sardegna, yang akan digelar pada  18 – 21 Oktober 2012 di Sardinia, Italia.

rally perancis, rifat sungkar, scoot Beckwith, Rifat juara Rally de France, pereli indonesia, fastron world rally team, merah putih

WRC Perancis, Rifat Sungkar Juara di Perancis, fastron world rally team, pereli indonesia, balap reli

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss