SPORTKU.com » Mobil » GT Radial
Short URL:
SCO 4X4 Indonesia Super Special Stage Competition
Co-Driver Sonny Aqiun Dengan UTV Polaris Di SCO 4X4
Tue, 06 Nov 2012 | 21:58
Teks :
Dibaca : 22.170

SPORTKU.COM - Selesai sudah ajang kejuaraan Speed Offroad bertajuk SCO 4X4 Indonesia Super Special Stage Competition 2012 yang digelar oleh promotor Genta Auto and Sport yang berlangsung pada 3-4 November 2012 yang diikuti oleh 130 Starter dengan total pembagian 6 kelas.

Kejuaraan yang didukung penuh oleh Jhonlin Baratama dan Djarum Super ini, berlangsung sangat seru dan menarik yang dilangsungkan di kawasan Batalyon 312 - Kala Hitam, Subang. 

Sekali lagi, kehadiran kendaraan Utility Vehicle (UTV) dengan berbagai kecanggihannya membuat acara ini berlangsung tambah kompetitif dan seru.

SPORTKU sempat berdiskusi dengan salah satu Co-Driver Sonny Aqiun yang kerap turun sebagai co-driver di berbagai kejuaraan Sprint Rally serta Speed Offroad, dan meminta Sonny Aqiun untuk menuliskan pengalaman pertamanya menjadi navigator / co-driver dengan menggunakan kendaraan Utility Vehicle (UTV).


Berikut kami sampaikan pendapat Co-Driver Sonny Aqiun :
Salam SPORTKU,

Ada nuansa baru di dunia offroad Indonesia di tahun 2012 ini, ditandai dengan hadirnya kendaraan yang dinamakan Utility Vehicle (UTV) di tengah kompetisi kejuaraan Speed Offroad.

Kendaraan ini telah hadir sejak tahun 2008, namun baru tahun ini dengan serius dipergunakan untuk kejuaraan Speed Offroad atas prakarsa H. Samsudin, selaku pemilik PT. Jhonlin Baratama yang menggawangi merk Polaris di Indonesia.

 Utility Vehicle (UTV) buatan Amerika ini pada awalnya banyak dipakai sebagai kendaraan untuk kegiatan berburu, alat angkutan di peternakan, pertambangan dan kehutanan, serta juga sebagai kendaraan untuk rekreasi.

Co-Driver Sonny Aqiun, Sonny Wulur, Rayce Muchmore, UTV, Polaris RZR, Speed Offroad, SCO 4X4 Indonesia Super Special Stage Competition,

Namun, performa kendaraan ini dengan sedikit modifikasi pada sistem suspensi, terbukti cukup kompetitif di berbagai ajang kegiatan seperti balap road race dan juga terutama untuk kegiatan Speed Offroad di Indonesia.

Saya merasa sangat beruntung mendapatkan tawaran dan kesempatan untuk menjadi co-driver mendampingi Driver Rayce Muchmore dengan menggunakan kendaraan Polaris RZR 900cc Turbo pada kejuaraan SCO Super Special Stage pada Kelas A5.

Co-Driver Sonny Aqiun, Sonny Wulur, Rayce Muchmore, UTV, Polaris RZR, Speed Offroad, SCO 4X4 Indonesia Super Special Stage Competition,

Co-Driver Sonny Aqiun, Sonny Wulur, Rayce Muchmore, UTV, Polaris RZR, Speed Offroad, SCO 4X4 Indonesia Super Special Stage Competition,

Kendaraan yang masih menggunakan posisi kemudi pada sisi sebelah kiri (left hand drive) dengan mesin Rotax 2 Cylinder yang kapasitas mesinnya telah ditingkatkan (bore up) menjadi 975cc dan tambahan Turbocharger serta penggunaan Kingshocks Suspension ini, sanggup mencetak waktu tercepat (fastest time) di SS 2.

Sebuah pengalaman baru dan cukup mengasyikkan, karena kendaraan ini memiliki spesifikasi yang sangat berbeda dengan kendaraan rally atau speed offroad V8 yang biasa saya tumpangi.

Efek body roll dikarenakan penggunaan independen suspension pada ke-empat rodanya, serta suspensi yang cukup lembut, mengakibatkan efek body roll yang cukup besar dan sangat terasa di setiap tikungan. Hal ini jelas menyebabkan perasaan was-was dan cukup menguras adrenalin, serta ditambah waktu penyesuaian berkomunikasi dalam bahasa Ingris dan tehnik penyampaian pace note yang berbeda dan sangat singkat dengan Driver Rayce Muchmore yang berasal Salt Lake City, USA, menyebabkan banyaknya hal yang harus dikerjakan dalam waktu singkat.

Co-Driver Sonny Aqiun, Sonny Wulur, Rayce Muchmore, UTV, Polaris RZR, Speed Offroad, SCO 4X4 Indonesia Super Special Stage Competition,

Performa mesin yang cuman 975 cc ini, terasa cukup responsif, begitu pula kemampuan melintasi berbagai rintangan berupa superbowl maupun double jump. Bodi yang sangat ringkas dan wheelbase kendaraan yang ideal sangat membantu melahap tikungan-tikungan sempit dengan mudah.

Adanya penyesuaian pada setiap kendaraan dan driver, tentu merupakan hal yang wajar. Namun pengalaman saya yang cukup merepotkan adalah karena kendaraan yang terbuka tanpa menggunakan kaca depan maupun kaca samping membuat saya dan driver harus menggunakan kacamata (atau goggle) ataupun helm full face. Belum lagi penyampaian pace note yg harus disesuaikan dengan kemauan driver dalam bahasa Inggris.

Namun alhamdulillah, semua tugas co-driver dapat saya jalankan dengan baik, termasuk manajemen waktu TC, MTC, serta memberikan masukan kondisi track ke driver, serta masukan teknis ke Technical Director, Bapak Arief Indiarto. Tidak sekedar urusan membaca pace-note dan tehnical saja, saya juga diharuskan untuk memberikan saran psikologis kepada driver agar tetap tenang dan smart dalam mengemudikan kendaraan ini.

"Tenang dan smart dalam mengemudikan kendaraan saat balap", adalah hal yang sangat penting karena balap itu bukan sekedar kencang saja, tapi juga penuh dengan strategi bagaimana bisa finish dan menang.

Banyak orang menganggap fungsi seorang co-driver adalah hanya sekedar membaca pace note. Hal tersebut memang ada benarnya, namun itu hanya 10% dari tugas co-driver, karena co-driver harus punya kemampuan mengatur emosi sang pembalap, membaca dengan cepat dan benar, menyampaikan pendapat dan mengarahkan driver untuk berbuat sesuai dengan rencana awal, dan yang paling utama adalah memperhatikan hal-hal detail yang menjadi faktor penentu kemenangan.

Berminat menjadi co-driver UTV? Tunggu seri berikutnya di Banjarmasin 15 - 16 Desember 2012...

Co-Driver Sonny Aqiun, Sonny Wulur, Rayce Muchmore, UTV, Polaris RZR, Speed Offroad, SCO 4X4 Indonesia Super Special Stage Competition,

Sumber Berita : Sonny Wulur (aka. Sonny Aqiun)
Sumber Foto : Jeffery JP

[AS]

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss

gt radial, pt gajah tunggal tbk, gadis payung, umbrella girl, ISOM 2013, Sentul

Cantiknya Gadis Payung GT Radial

SPORTKU.COM - Kehadiran GT Radial di ajang ISOM 2013 Seri 2 tidak hanya menjadi sponsor dalam festival balap mobil terbesar di tanah air itu. Namun pabrikan ban nasional itu

Facebook GT Radial Twitter GT Radial Instagram GT Radial Youtube GT Radial
© 2011 - 2016 sportku.com All rights reserved
Web Development by PT. Strategi Inisiatif Media Panglima Polim 5 N0.9, Jakarta 12160, Indonesia. Email: redaksi@sportku.com