Sport » OffRoad » Offroad Umum
Short URL:
Serunya Balap Speed Off-Road Versi Amerika
Wed, 05 Sep 2012 | 10:08
Teks :
Dibaca : 90.558 kali
* Lucas Oil Off-Road Racing Series (LOORS)
Embed code : Kaskus Embed Download

SPORTKU.COM - Berbagai nama event kegiatan balap Speed Off-Road di Indonesia sudah pernah dilangsungkan, mulai dari SODA, SCORE, Bentoel Speed Off-Road, Speed Addict Off-Road Society (SAORS), Batam Speed Offroad, GT Radial Savero Komodo Multi Terrain Offroad Championship, dan di beberapa tahun terakhir ini dengan nama Kejuaraan Nasional GT Radial Savero Komodo Speed Off-Road.

Boleh dibilang bahwa semua kegiatan Speed Off-Road yang telah diadakan hingga saat ini, semuanya berlangsung dengan sukses dan meriah, dan masing-masing balap memiliki keunggulannya masing-masing.

Event Speed Off-Road di Indonesia, pada umumnya dilaksanakan dengan model "Sprint Rally" Style, dimana ada 2 kendaraan yang dilepas bersamaan pada dua track yang terpisah namun berdampingan dari awal garis start hingga garis finish.

Beberapa penyelenggara balap Indonesia seperti Moko Karsono dan Daniel Zebedeus sempat menghadirkan jenis Speed Off-Road dengan format beberapa kendaraan balap dalam satu lintasan besar, yang dilepas secara bersamaan. Contoh event dengan format lomba seperti ini pernah dilaksanakan di event SODA di Sawangan (Moko Karsono), SCORE (Roma Motor), Saguci di Jatiluhur (Moko Karsono), Extreme Offroad Race di Bandung (Daniel Zebedeus).

Julian Johan, balap dalam track lintasannya sendiri, terpisah dari lawan balapnya.gt radial, pt. gajah tunggal tbk, gt radial savero komodo speed offroad championship 2012, kejurnas speed offroad, gt radial speed offroad team, pantai marina, semarang, speed offroad, julian johan, buche febrico, h irman, h gandi,

TB. Adhi, balap dalam track lintasannya sendiri, terpisah dari lawan balapnya.anker sport, anker sport gt radial tangerang city, gt radial, gt radial savero komodo speed offroad   championship 2012, tangerang city, ssr, kejurnas speed offroad, TB Adhi, willie rahman, pantai   marina, semarang

Untuk beberapa artikel "Balap Speed Off-Road Di Amerika", kami akan menjelaskan dan mengulas mengenai jenis balap Speed Off-Road dengan model "Closed Track" (tertutup, dalam artian areal balap dibatasi) yang melepas beberapa kendaraan secara bersamaan.

Apakah itu Lucas Oil Off-Road Racing Series (LOORS) ?
Lucas Oil Off-Road Racing Series (LOORS), boleh dibilang merupakan kejuaraan balap Speed Off-Road dengan jenis Short-Course (lintasan pendek dan tertutup) yang paling popular dan bergengsi di Amerika.

Kejuaraan Lucas Oil Off-Road Racing Series yang dilangsungkan sejak tahun 2009, mampu menyedot perhatian publik, sehingga dengan tingginya antusias para pembalap, para penonton, media exposure dan terutama action balap itu sendiri menjadi daya tarik bagi para sponsor.

Hal ini membuat Lucas Oil Off-Road Racing Series (LOORRS) tidak hanya sebuah event balap yang terlalu tehnical dan hanya menyenangkan pembalap saja, namun telah menjadi sebuah acara SPORT ENTERTAINMENT (SPORTAINMENT), suatu event autosport yang dikemas dalam bentuk entertainment yang berpengaruh positif pada pertumbuhan dunia balap off-road dunia dan juga mampu meningkatkan kegiatan industri offroad di Amerika.

Balap Speed Off-Road, Lucas Oil Off-Road Racing Series, LOORS, SCORE, SODA Race, CORR Race

Ramahnya para pembalap dan kedekatan penonton dan pengunjung dengan para pembalap dan berbagai kendaraan balap yang ada di lokasi, menjadikan hal ini sebagai tontonan tersendiri yang seru, ramah dan hangat. Pengunjung dimanjakan sedemikian rupa sehingga mereka merasakan bagian dari kegiatan balap itu sendiri.

Banyaknya pengunjung dan interaksi antara pembalap dan pengunjung tentunya akan sangat menguntungkan berbagai sponsor yang mengikuti kegiatan ini.

Balap Speed Off-Road, Lucas Oil Off-Road Racing Series, LOORS, SCORE, SODA Race, CORR Race

Apakah itu Short Course Off-Road ?
Short Course Offroad adalah salah satu jenis balap offroad di sirkuit dengan permukaan tanaga yang berjarak pendek dengan sistem putaran beberapa lap.

Pada balap Short Course, kendaraan balap dilepas secara bersamaan dalam jumlah antara 10 hingga 14 kendaraan. Dipadukan dengan rintangan (obstacle) berupa jumping (low speed jump, high speed jump) dan berbagai jenis tikungan.

Balap Speed Off-Road, Lucas Oil Off-Road Racing Series, LOORS, SCORE, SODA Race, CORR Race

Dengan banyaknya jumlah kendaraan dalam lintasan balap, serta jarak panjang lintasan yang pendek dimana pembalap diharuskan melakukan beberapa putaran (8-15 kali putaran) dalam satu kelas balap, maka penonton disajikan tontonan dan atraksi yang sangat seru untuk melihat aksi para pembalap di lintasan secara keseluruhan.

Banyaknya putaran dan jarak pandang yang baik bagi penonton membuat tontonan semakin menarik dan banyak disukai oleh para penonton dan tentunya juga oleh para media. Dengan tambahan jarak antara penonton dengan lintasan yang cukup dekat namun aman bagi kendaraan balap dan penonton itu sendiri, maka hal ini membuat penonton depat melihat action di dalam lintasan dan mendengarkan suara mesin dan knalpot kendaraan, sehingga membuat semakin histeris menyaksikan idolanya berada di dalam lintasan.

Balap Speed Off-Road, Lucas Oil Off-Road Racing Series, LOORS, SCORE, SODA Race, CORR Race

Pada beberapa tikungan yang didesign untuk kecepatan tinggi, maka hal ini memaksa dan mengharuskan para pembalap untuk melakukan gaya power sliding / drifting sebelum memasuki tikungan secara bersamaan. Hal ini tentunya semakin menjadikan balap offroad ini semakin menarik untuk ditonton.

Pembalap memasuki tikungan bersamaan dengan berbagai gaya power-slide, driftingBalap Speed Off-Road, Lucas Oil Off-Road Racing Series, LOORS, SCORE, SODA Race, CORR Race

Seperti yang telah dijelaskan pada awal artikel ini, bahwa balap ini lebih menekankan ke unsur SPORT ENTERTAINMENT (SPORTAINMENT), dimana kegiatan ektreme balap speed off-road dipadukan dengan event organizer yang juga memikirkan keinginan utama para penonton.

Tujuan utama penyelenggaraan event ini adalah BISNIS menyelenggarakan KONSER MUSIK dengan alat musik berupa MESIN V-6, Mesin V-8 yang dipadukan dengan KNALPOT yang menghasilkan suara yang menggelegar dan merdu di telinga, SERTA menghadirkan para ARTISnya yang datang membawa perlengkapan konser berupa HELM, BAJU BALAP, dll.... demi menyenangkan penonton dan menghasilkan keuntungan untuk penyelenggaram, pembalap dan tentunya para sponsor.

Bagaimana dengan spesifikasi kendaraan balap tersebut dan skill para pembalapnya ?, Tunggu saja sambungannya di artikel berikutnya.

Sementara itu, jangan lupa akan Kejuaraan Speed Off-Road Seri-4 yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat di Serang, Banten ya...... [AS]

News Source : Multiple Source, RDC.com
Picture :  Multiple Source, RDC.com

SUMBER

SPORTKU.com (Offroad Section) , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA.

SPORTKU.com (Offroad Section) contents includes Indonesian Offroad (off road) such as four wheel, offroad, adventure offroad, speed offroad, rock crawling, jeep, pick-up truck, pro truck, buggy, tubular race car, throphy truck, and racing such as GT Radial Savero Offroad Race, Saguci, soda offroad, dezert racing, baja, score, corr, torc, traxxas torc on photo and video streaming.