Benjamin Gunakan Mobil Pipa Mesin Tengah di Kejurnas Offroad
Fri, 12 Apr 2013 | 11:03
Teks : Priandhi Satria
Foto / Video : AS
Dibaca : 30.101 kali

SPORTKU.COM - Salah satu kendaraan full modifikasi yang memikat penggemar balap dan juga modifikator pada ajang  Kejurnas Speed Offroad GT-Radial Savero Komodo MT 2013 adalah kendaraan yang digunakan Ben (Benjamin) dengan navigator Oscar yang berlaga di Group G3.3.

Apa yang spesial dari kendaraan hasil kreasi modifikator offroad, Ismail Sardjan ini? Yang pasti, mobil ini mengadopsi mesin mid-engine yang dipasang di tengah chasis. Termasuk penggunaan A-Arm pada suspensi depan dengan tepat memanfaatkan 4 wheel drive.

Mendukung pemasangan mid-engine ini, chasis dibuat menggunakan konstruksi full tubular. Uniknya, Ismail Sardjan menempatkan mesin Chevrolet LS-1 hasil tuning XS Automotive tepat di belakang kabin. Ini adalah pertama kalinya modifikator di Indonesia yang menerapkan pemasangan mesin di tengah (mid-engine).

Mesin yang menghadap ke belakang ini terhubung ke Richmond 5-Speed Transmission. Selanjutnya dari transmission dihubungkan ke Custom Transfer-Case yang dibuat khusus oleh Ismail.

Custom Transfer case ini diletakkan di bagian depan kabin kendaraan untuk membagi tenaga dari transmisi ke as troda depan dan belakang.  Soal custom transfer case yang digunakan dan bagaimana cara pemasangannya akan diulas pada tulisan lain.

Benjamin, Ben, Oscar, A-Arm Suspension, Tubular Mid Engine, Ismail Sardjan, Kejurnas Speed Offroad 2013, Kejurnas Speed Offrod, Speed Offroad Lampung

Untuk suspensi depan, Ismail memasang custom independent A-Arm hasil rekayasa sendiri dan dipadukan dengan differential dengan menggunakan custom half-shaft axle, sehingga tenaga mesin dapat tersalurkan ke kedua roda depan.

Tentang suspensi, Ben menyatakan sangat stabil dan mudah dikendalikan. Terutama saat di lintasan bergelombang, super-bowl serta nyaman diajak "terbang" tanpa harus khawatir memikirkan posisi mendarat yang benar, karena masing-masing roda akan meredam guncangan tanpa mempengaruhi roda lainnya. 

Benjamin, Ben, Oscar, A-Arm Suspension, Tubular Mid Engine, Ismail Sardjan, Kejurnas Speed Offroad 2013, Kejurnas Speed Offrod, Speed Offroad Lampung

Ben menjelaskan bahwa pada Seri 1 ini tidak memiliki target khusus. "Sudah satu tahun tidak turut serta pada ajang balap speed offroad, jadi perlu proses pengenalan kembali kendaraan," aku Ben. 

Sejak mulai mendaftarkan diri, sambung Ben, semangatnya bukan untuk berkompetisi namun lebih kepada pengenalan kendaraan, feeling mesin serta pengenalan karakter suspensi. 

Ben berkomentar, lintasan seri 1 cukup menarik walau jarak start-finish relatif pendek. Variasi kontur lintasan dan rintangan dinilai sudah cukup. Jumping pada flying finish dinilai cukup menghibur, walaupun jaraknya setelah mendarat terlalu pendek. Ben mengusulkan agar memperpanjang jarak start-finish, menambah beberapa jump dengan receiver yang memadai dan melebarkan trek setiap sisi.

Benjamin bersama Oscar menutup ajang balap dengan perolehan tempat ke-2 pada G3.3. dengan total waktu 11:59:9, tepat di bawah H. Rio Teguh (10.:18:8). Catatan waktu yang sangat baik setelah absen setahun.

Masih garang di trek offroad meski absen setahunBenjamin, Ben, Oscar, A-Arm Suspension, Tubular Mid Engine, Ismail Sardjan, Kejurnas Speed Offroad 2013, Kejurnas Speed Offrod, Speed Offroad Lampung

Editor : Andi Wahyudi
SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss

.
Event SPONSORSHIP : sponsor@sportku.com