Sport » Formula1
Short URL:
Formula One (F1)
Honda Timang-timang Kembali Tampil di F1
Thu, 11 Oct 2012 | 11:00
Teks :
Dibaca : 16.920 kali

REPUBLIKA.CO.ID, TOKYO -- Para pimpinan riset dan pengembangan Honda tengah mempertimbangkan untuk kembali tampil di ajang Formula One (F1). Saat ini Honda terus memantau regulasi F1 dan memantau aturan jika di masa depan dirasa menarik oleh pabrikan mobil Jepang itu.

''Dari level pribadi saya cinta balapan. Namun, banyak yang terkait jika Anda di F1. Ini merupakan balapan kelas tertinggi yang membutuhkan komitmen besar,'' ujar Yoshiharu Yamamoto, pimpinan riset dan pengembangan Honda, seperti diberitakan AFP, Rabu (10/10).

''Tapi benar, kami memang selalu mengikuti dan berharap suatu hari nanti kembali mengambil bagian di ajang F1,'' tegas Yoshiharu Yamamoto yang mengungkapkan, saat ini Honda terus memantau regulasi yang dipakai F1.

''Kami tidak akan kembali begitu saja. Namun, ada potensi regulasi berubah dan membuat kami tertarik,'' terangnya.

Di kancah motorsport, Honda saat ini tampil di ajang Kejuaraan Dunia Touring (WTCC). Banyak yang berpendapat, Honda terlebih dulu ingin menjuarai ajang ini sebelum memastikan kembali ke F1.

''Langkah pertama, kami harus menjuarai WTCC. Kemudian, mungkin akan melihat ajang berikutnya,'' jelas Yoshiharu Yamamoto. 

Di ajang F1, Honda sukses menjadi penyedia mesin bagi tim-tim besar, seperti tim Williams, Lotus, dan McLaren. Tim-tim itu bahkan sempat mengusung mobil sendiri pada 2006. Namun, pada akhir 2008, Honda menarik diri menyusul penurunan ekonomi global.