ProjectX MazdaBUSA
Project SPORTKU MAZDA-HAYABUSA # 3 - Roll-Bar / Roll-Cage
Thu, 09 Aug 2012 | 13:51
Teks :
Dibaca : 127.220 kali

SPORTKU.COM - Melanjutkan Project SPORTKU MAZDA-HAYABUSA # 2 - Pemasangan Mesin (http://goo.gl/HdVNx) - pada artikel sebelumnya, maka pada artikel ini kami akan mengulas khusus mengenai Safety Roll-Bar yang merupakan KEHARUSAN dalam kegiatan balap.

Roll-Bar atau Roll-Cage adalah penggunaan pipa dengan berbagai diameter yang dipasang di dalam kendaraan dengan tujuan utama untuk pelindungi Driver / Co-Driver pada saat kendaraan terbalik atau tabrakan.

Foto : STILLEN MustangSPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Roll-Cage Roll-Bar, hayabusa indonesia, hayabusa Road Race Sentul, Hayabusa Andhi Satria

Ada banyak sekali design roll-bar / roll cage dan beberapa peraturan dasar seperti jumlah titik roll-bar / roll-cage yang harus tersambung ke chasis/body. Untuk lebih detilnya, beberapa jumlah titik dan design ini  juga di atur dalam buku peraturan yang diterbitkan oleh organisasi motorsport. Selain berfungsi sebagai pengamanan, roll-bar / roll-cage ini juga membantu untuk memperkuat tingkat kelenturan dari seluruh chasis/body kendaraan.

Pada kendaraan Mazda Hayabusa ini menggunakan 6-Point Roll-Cage, atau penggunaan roll-cage / roll-bar dengan 6-titik utama yang bertumpu pada body-frame / chasis untuk menunjang struktur kekuatan utama roll-bar / roll cage. Titik pertama dan kedua berada didepan samping kaki pengemudi, titik ke-tiga dan ke-empat berada tepat dibelakang driver / co-driver, dan titik ke-lima dan ke-enam bertumpu di bagian atas roda belakang. 

Penggunaan pipa dengan berbagai diameter ini dapat menggunakan berbagai jenis bahan pipa.

Titik Depan dan Titik Tengan Roll-Bar / Roll/Cage yang di las ke body-frame / chasisSPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Roll-Cage Roll-Bar, hayabusa indonesia, hayabusa Road Race Sentul, Hayabusa Andhi Satria

Untuk memperkuat ke-enam titik utama roll-bar / roll-cage maka dibeberapa bagian titik-titik utama tersebut diperkuat dengan menggunakan pipa dengan diameter yang lebih kecil, yang bertujuan untuk membuat effek "SEGI TIGA" pada bagian-bagian tertentu yang perlu diperkuat.

Khusus untuk bagian driver dan co-driver, maka di bagian sisi kepala, bagian atas kepala, bagian sisi pinggang dan bagian belakang badan, sengaja diperkuat untuk memberikan keamanan tambahan. Tidak lupa juga pengamanan antara sisi tempat duduk mengikuti posisi kaki hingga ke tiang utama roll-bar / roll-cage (titik 3& 4).

Penampakan Tiang Utama Roll-Bar / Roll Cage dengan Tiang Penguat (support bar)SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Roll-Cage Roll-Bar, hayabusa indonesia, hayabusa Road Race Sentul, Hayabusa Andhi Satria

Close-Up : Tiang Penguat Sisi Kepala (Head Side Support)
Close-Up : Tiang Penguat Belakang Kepala (Head Rear Support)
Close-Up : Tiang Penguat Atas Kepala (Head Support)SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Roll-Cage Roll-Bar, hayabusa indonesia, hayabusa Road Race Sentul, Hayabusa Andhi Satria

Sedangkan pada bagian Roll-Bar / Roll-Cage untuk sisi belakang kendaraan, diputuskan bahwa titik support utama berada pada sekitar area suspesi. Terlihat dalam gambar dibawah ini, tiang utama roll-bar / roll-cage (titik 3& 4) yang diperkuat dengan pipa penguat ke tiang roll-bar / roll-cage (titik 5 & 6). Efek penguatan dengan "SEGI TIGA" ini sangat efektif sekali untuk memperkuat keseluruhan.

SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Roll-Cage Roll-Bar, hayabusa indonesia, hayabusa Road Race Sentul, Hayabusa Andhi Satria

 

Posisi pengemudi yang nantinya akan dimundurkan +10cm dari tempat awalnya, menyebabkan posisi tiang roll-bar / roll-cage (titik 3 & 4) yang nantinya berada tepat dibelakang kepala driver / co-driver terlihat mundur dari batas tengah pintu depan dan pintu belakang, dan berada di sisi 1/3 pintu belakang. Juga dalam gambar terlihat pipa penguat sisi samping kepala.

SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Engine Mounting, hayabusa indonesia, hayabusa sentul

Pembuatan Roll-Bar / Roll-Cage untuk pengamanan ini sudah selesai 90%, dan proses selanjutnya adalah mengecat keseluruhan Roll-Bar / Roll-Cage beserta interiornya.

Project SPORTKU MAZDA-HAYABUSA :

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss