ProjectX MazdaBUSA
Project SPORTKU MAZDA-HAYABUSA # 2b - Pemasangan Mounting Mesin
Fri, 20 Jul 2012 | 17:39
Teks :
Dibaca : 116.069 kali

SPORTKU.COMMelanjutkan Project SPORTKU MAZDA-HAYABUSA # 2 - Pemasangan Mesin (http://goo.gl/HdVNx) - pada artikel sebelumnya, maka pada artikel ini kami akan mengulas mengenai proses pembuatan mounting mesin SUZUKI HAYABUSA didalam ruang mesin MAZDA MR.

Setelah memasang mesin HAYABUSA dalam ruang mesin MAZDA dan mendapatkan posisi yang pas baik dari sisi Drive Shaft (As-Kopel) dan juga dari sisi Oil-Pan (Bak Penampungan Oli) yang pararel, maka selanjutnya dibuatkan pegangan mesin yang permanen.

Pegangan mesin ini menggunakan besi pipa dengan tumpuan utama pada chasis kiri kanan didalam ruang mesin Mazda. Untuk memperkuat pada bagian chasis, maka area tersebut dilapisi dengan pelat besi yang mengikuti bentuk chasis, dan di atasnya dibuatkan pegangan untuk dipasangkan braket pegangan mesin tersebut.

Pipa pegangan mesin nantinya akan dibautkan ke pegangan di chasis dengan menggunakan bantalan karet polyurethane untuk meredam getaran-getaran.

SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Engine Mounting, hayabusa indonesia, hayabusa sentul

SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Engine Mounting, hayabusa indonesia, hayabusa sentul

Pada bagian mesinnya sendiri, pegangan ini dipasangkan menggunakan baut ke pegangan mesin aslinya, yaitu 1 pegangan mesin di depan bawah, 1 pegangan mesin di belakang bawah, dan 1 pegangan mesin di cylinder head mesin. Terlihat pada gambar dibawah ini adalah pegangan di cylinder head bagian kiri mesin.

SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Hayabusa Engine Mounting, hayabusa indonesia, hayabusa sentul

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan betapa pentingnya posisi Oil-Pan (bak penampungan oli) yang pararel demi menjaga lubrikasi mesin yang baik dan juga posisi Oil-Pan dan Oil-Filter yang dekat dengan chasis Mazda tersebut.

Untuk mempermudah proses pembungan oli dan pembukaan Oil-Pan (bak penampungan oli) , maka kami men-set dudukan mesin tersebut sehingga jarak dari Oil-Pan ke Chasis Cross-Member menyisakan jarak minimal 2cm.

Posisi Oil-Pan yang pararel dengan Chasis Cross-MemberSPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Suzuki Hayabusa Oil Pan, hayabusa indonesia, hayabusa sentul

SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Suzuki Hayabusa Oil Pan, hayabusa indonesia, hayabusa sentul

Juga, untuk mempermudah proses penggantian Oil-Filter, maka kami men-set dudukan mesin tersebut sehingga jarak dari Oil-Filter ke Chasis sisi kiri menyisakan jarak minimal 2cm.

SPORTKU HAYABUSA, MAZDA HAYABUSA, Suzuki Hayabusa Oil Pan, hayabusa indonesia, hayabusa sentul

Setelah dipastikan bahwa Oil-Filter, Oil-Pan, Cylinder Head, Drive-Shaft berada pada posisi yang sangat baik dan tidak terganggu oleh peralatan / hal lainnya, maka kemudian seluruh proses pengelasan bracket pegangan mesin ke chasis ini finalkan.

Pada artikel berikutnya, akan kami sajikan foto-foto bracket mesin yang telah selesai....

Project SPORTKU MAZDA-HAYABUSA :

 

 

 

SUMBER

SPORTKU.com , Project SPORTKU MAZDA-HAYABUSA

MAZDA HAYABUSA - Road Race (Touring & Slalom) / Sprint Rally.

Project Supported by : LUCAS OIL, DONSA Garage, K-SPORT Suspension, K-SPORT Brakes, Jakarta Ban, OMP

Racing Equipment : Holeshot Racing, DYNOJET Power Commander, DYNOJET Quick Shifter, Hayabusa Forum, Hayabusa Sigma Slipper Clutch, Hayabusa Lock-Up Clutch, Sigma Racing, Sigma Performance Competition Slipper Clutch, Slipper clutch Hayabusa, TSS Slipper Clutch