News » Bisnis & Teknologi
Short URL:
PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB)
Atasi Kemacetan dengan Mirage Luar Biasa Irit
Sat, 10 Nov 2012 | 15:00
Teks :
Dibaca : 27.519 kali

SPORTKU.COM - PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), Authorized Distributor Kendaraan Mitsubishi di Indonesia menyelenggarakan acara Mirage Eco-Smart Drive for Mitsubishi’s Smart Salesman yang berlangsung pada 1 November 2012.Event ini sekaligus menjadi pembuktian langsung keiritan kendaraan Mirage dalam kondisi yang berat: Muatan penuh, jarak tempuh 150km di lebih dari 6 jam perjalanan yang masih ditambah dengan kemacetan. 

Bertujuan memberikan pengalaman langsung kepada para salesman untuk semakin menambah pengetahuan mereka tentang keistimewaan Mirage, kegiatan “Mirage Eco-Smart Drive” diikuti oleh 27 orang peserta yang merupakan perwakilan dari 13 Mitsubishi Passenger Car dealer yang ada di Jakarta dan Bandung yang terbagi dalam 9 team dengan 9 unit Mitsubishi Mirage.

mitsubishi mirage, mitsubishi, mirage, city car, Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB)

Masing-masing Mirage yang diisi penuh 4 penumpang di dalamnya menempuh jarak kurang lebih 150 km yang ditempuh selama lebih dari 6 jam melalui berbagai jenis jalan seperti tol, jalan perkotaan yang penuh dengan kemacetan lalu lintas yang padat hingga jalan di pegunungan yang menanjak. Berbagai jenis kondisi jalan ini dipilih untuk menyesuaikan penggunaan aktual sehari-hari para konsumen Mitsubishi Mirage. 

Dengan kondisi yang cukup berat tersebut, Mirage terbukti irit dengan konsumsi bahan bakar terbaik yang diraihnya sebesar 18,47 km/liter untuk Manual Transmission dan 16,71 km/liter untuk CVT (Automatic Transmission) (dengan metode pengukuran ’ full to full’).

mitsubishi mirage, mitsubishi, mirage, city car, Kramayudha Tiga Berlian Motors (KTB)

Metode pengukuran “Full to Full” yaitu pengisian penuh tangki bahan bakar sebelum dan setelah eco-driving selesai dibantu dengan gelas ukur, di mana metode ini lebih akurat bila dibandingkan dengan hasil yang ditunjukkan di “Average Fuel Consumption” yang terpampang di Multi Information Display (MID) kendaraan. Metode Full to Full ini dapat juga dilakukan dengan mudah oleh konsumen.

“Average Fuel Consumption” pada MID kendaraan pada umumnya menunjukkan referensi kondisi terakhir pemakaian konsumsi bahan bakar, di mana hal itu tergantung dengan kondisi jalan pada saat tersebut.

mirage, mitsubishi mirage, mobil murah mirage, segmen city car, pt krama yudha tiga berlian (ktb)

Berikut perjalanan Mitsubishi Mirage dalam acara Mirage Eco-Smart Drive for Mitsubishi’s Smart Salesman

Sebelum dimulai, ke 9 unit Mirage diisi penuh tanki bahan bakarnya dengan menggunakan bahan bakar bensin RON 92 sambil disaksikan oleh para peserta dan pihak KTB, lalu disegel. Mulai start dari Otel Lobby – Epicentrum Jakarta pada jam 13.00 WIB, Mirage melintasi rute dalam kota Jakarta yang sangat padat untuk menuju Rest Area Cibubur Square.

Di tengah keramaian lalu lintas Jakarta, Mirage membuktikan kemampuan manuver nya yanng baik dengan radius putar terkecil di kelasnya yaitu 4.4m sehingga sangat lincah dan mudah dikendalikan di jalan perkotaan yang padat dengan kendaraan bermotor. 

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke area Sentul, dimana dalam perjalanan di jalan bebas hambatan ini, peserta menggunakan kecepatan yang tinggi dengan stabil dan nyaman, ditemani musik dari Audio System dilengkapi USB Port yang tersedia di dalamnya. 

Berlanjut ke area berikutnya di seputaran Puncak, Mirage pun ditantang untuk melewati tanjakan dan turunan. Kondisi lalu lintas di daerah Ciawi – Bogor yang saat itu sangat padat cenderung macet, merupakan tantangan sendiri. Para salesman pun berkesempatan untuk membeli oleh-oleh di Cimory Riverside dimana seluruh belanjaan tersebut tetap muat masuk ke bagasi Mirage disamping barang-barang pribadi para peserta yang sudah ada sebelumnya. 

Perjalanan Mirage pada hari itu tidak cukup sampai disitu, berlanjut ke tujuan berikutnya di daerah Kebun Raya Bogor, masih dengan kepadatan Kota Bogor. Perjalanan kembali ke Jakarta yang memakan waktu yang cukup lama karena jarak tempuh yang jauh ditambah lagi memasuki kota metropolitan ini tepat saat usai jam kantor sehingga macet tak terelakkan lagi. Namun dengan kabin Mirage yang lapang dan nyaman, peserta tetap merasa nyaman.  

Perhitungan konsumsi bahan bakar dari 9 unit Mitsubishi Mirage dimulai saat semua peserta sampai di garis finish. Hasilnya, Mitsubishi Mirage, yang ditumpangi oleh 4 orang setiap mobilnya, dengan loading tambahan barang-barang para peserta serta hasil belanjanya, jarak tempuh 150 km, 6 jam lebih perjalanan, variasi kondisi jalan baik di perkotaan dan pegunungan, kondisi lalu lintas yang sangat macet dan padat, tenyata mampu memberikan hasil yang memuaskan, dimana Mirage mampu mencapai hasil tertinggi 18,47km/liter untuk variant Manual Transmission (M/T) serta 16,71km/liter untuk variant CVT * (Automatic Transmission). 

* CVT pada Mirage didesain khusus dengan wide ratio (4,007 – 0,550), ini membuat Mirage dengan CVT mampu berakselerasi cepat (fun to drive) & menjaga rpm mesin tetap rendah meskipun pada kecepatan tinggi .Karakter ini yang mendukung Mirage sebagai city car yang fun to drive dan sangat efisien  bahan bakar.

Bapak Rizwan Alamsjah, Executive Marketing Director PT. KTB mengatakan, “Hasil yang sangat memuaskan dan ini adalah pertama kalinya Mirage di uji coba dengan pemakaian normal seperti layaknya penggunaan sehari-hari para target konsumen Mirage, dan pengendaranya pun para tenaga salesman yang tentunya memiliki teknik berkendara yang normal saja, tanpa keahlian khusus.

Ditambah lagi rute yang jauh, loading penumpang dan barang yang berat ditambah kondisi jalan yang jauh dan macet. Dengan kondisi terberat ini, Mirage memberikan hasil yang sangat luar biasa bagi sebuah city car. Tentunya hasil yang lebih tinggi sangat dimungkinkan untuk pengendaraan dalam kota dengan loading serta kondisi yang lebih ringan”. 

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss