News » Bisnis & Teknologi
Short URL:
Mars Science Laboratory (MSL) - Rover CURIOSITY
Mobil Off-Road Rover CURIOSITY Seharga US$2.5 Milyar Dan Diantar Dengan Roket
Mon, 06 Aug 2012 | 10:38
Teks :
Dibaca : 23.668 kali

SPORTKU.COM - Hah ?, Kendaraan Off-Road Rover Curiosity seharga US$2.5 Milyar ? Benar sekali, dan kamu memang tidak salah membaca dari juta ke milyar dollar Amerika.

Rover Curiosity, Mars Science Laboratory, MLS, NASA, Mars Project, Expensive Offroad Car.

Pengiriman kendaraan khusus off-road ini dari tempat asalnya di BUMI, dengan tujuan akhir Planet MARS dengan menggunakan Roket yang di "LAUNCH" di Amerika oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA).

Total jarak "PENGIRIMAN" ini hanya sekitar 567.000.000 Kilometer (567 Juta KM) dengan perkitaan total waktu tempuh dengan menggunakan roket tersebut selama HANYA 36-minggu (252 hari).

Berdasarkan perkiraan Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), Wahana Mars Science Laboratory (MSL) yang membawa kendaraan Off-Road dengan nama "Rover Curiosity", akan mendarat pada hari Senin ini sekitar pukul 12.31 WIB. Saat ini MSL masih sekitar 57,936 kilometer dari Mars, dan berjalan dengan kecepatan sekitar 8.400 mph atau sekitar 13.518 km/jam atau 3,755 meter/detik.

Rover Curiosity, Mars Science Laboratory, MLS, NASA, Mars Project, Expensive Offroad Car.

Kendaraan Rover Curiosity akan sangat berperan penting di Planet Mars, karena dengan menggunakan kendaraan Rover Curiosity ini, para ilmuwan di dunia akan menggunakan remote control untuk mengatur pergerakan kendaraan Rover Curiosity, dan juga menggunakan berbagai lengan robot dan perlengkapa yang ada untuk menggumpulkan contoh-contoh udara, batu-batuan dan berbagai sample lainnya yang akan sangat berguna bagi perkembangan ilmu.

Rover  Curiosity memilik berat sekitar 900 kg yang sudah termasuk peralatan scientifik instrument seberat 80 kg. Dimensi panjang Rover Curiosity adalah 3 m (9.8 ft)in length, 

Kecepatan kendaraan ini di permukaan Planet MARS adalah 30 m/jam, tergantung kondisi permukaan Planet MARS. Mars Rover Curriosity diharapkan mamupu untuk bertahan untuk jarak tempuh sejauh 19 km selama misi 2 tahun

Rover Curiosity, Mars Science Laboratory, MLS, NASA, Mars Project, Expensive Offroad Car.

Rover Curiosity, Mars Science Laboratory, MLS, NASA, Mars Project, Expensive Offroad Car.

Menuju ke permukaan Planet MARS dengan kecepatan lebih dari 21,000kp/jam, atau sekitar 17 kali kecepatan suara, 

Proses pendaratan ini akan disiarkan langsung melalui satelit atau dapat juga disaksikan di youtube dan berbagai media streaming internet lainnya.

Sukses atau tidaknya pendaratan ini baru akan diketahui manusia di Bumi 14 menit kemudian setelah kejadian berlangsung. Angka tersebut menyatakan waktu yang dibutuhkan bagi sinyal elektrnik untuk bergerak dari Mars ke Bumi.

Rover Curiosity, Mars Science Laboratory, MLS, NASA, Mars Project, Expensive Offroad Car.

Rover Curiosity, Mars Science Laboratory, MLS, NASA, Mars Project, Expensive Offroad Car.

"Setiap hari semakin menakutkan," kata Doug McCuistion, direktur Program Eksplorasi Mars NASA. Ia menyatakan, sejarah membuktikan bahwa hanya 40 persen misi pendaratan Mars yang sukses. "Apakah kita bisa melakukan hal ini? Ya, saya kira kita bisa. Saya percaya tim sudah melakukan pekerjaan yang terbaik. Kita punya tim A-plus. Mereka melakukan yang terbaik untuk memastikan misi ini sukses. Tapi, resiko tetap ada," urai McCuistion.

Pendaratan akan dilakukan di kawah Gale, terletak di dekat gunung dimana Curiosity diharapkan bisa mengambil sedimen yang berusia miliaran tahun. Menit-menit terakhir dalam pendaratan diistilahkan nasa "teror 7 menit".

"Kami akan melihatnya dan melakukan hal yang lain lagi. Kami akan terus melakukannya dan tak akan pernah berakhir. Semangat manusia dipacu oleh tantangan ini dan tantangan ini yang memacu kita untuk mengeksplorasi. Untuk menyelidiki apa yang ada di sekeliling, memahami apa yang ada di luar sana dan tentu mencari jawaban apakah kita sendiri?" papar McCuistion seperti dikutip AFP, Minggu (5/7/2012).

Wah, mahal sekali ya punya kendaraan Off-Road Rover Curiosity seharga US$2.5 Milyar yang hanya bisa dipakai + 20km saja...., jadi abis pakai 1 SS Adventure abis itu sudah tidak bisa dipakai lagi ???? [AS]

Sumber Foto : NASA, Berbagai Sumber Lainnya
Sumber Berita : NASA, Berbagai Sumber Lainnya

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss