News » ATPM
Short URL:
Toyota Astra Motor
Toyota Hadirkan Grand New Fortuner Turbo di Indonesia
Thu, 09 Aug 2012 | 09:00
Teks :
Dibaca : 38.392 kali

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA- PT Toyota Astra Motor meluncurkan SUV teranyar Grand New Fortuner VNTurbo yang dilengkapi teknologi intercooler.

"Grand New Fortuner VNT memiliki mesin yang berbeda dari pendahulunya dengan kapasitas mesin 2.500 CC," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan saat peluncuran kendaraan tersebut di Jakarta, Rabu (8/8).

Dia menjelaskan, peluncuran seri Fortuner baru adalah sebagai respon perusahaan terhadap tingginya antusiasme konsumen atas kendaraan tersebut, khususnya yang bermesin diesel. 

Grand New Fortuner VNTurbo with Intercooler mengusung jantung 2 KD-FTV VN Turbo yang menggantikan model sebelumnya 2 KD-FTV. Dengan perubahan mesin diesel baru, Grand New Fortuner diklaim memiliki power dan torsi yang lebih besar. Sehingga respon dan akselerasinya menjadi lebih baik.

Mesin berkapasitas 2.500 CC tersebut bisa menghasilkan tenaga sebesar 144 PS dengan putaran mesin pada 3400 RPM. Sedangkan mesin Fortuner seri sebelumnya baru bisa menghasilkan tenaga sebesar 102 PS pada putaran mesin sebesar 3600 RPM.

Selain perubahan pada mesin, Grand New Fortuner juga menyempurnakan hood atau kap mesin menjadi hood scoop yang berfungsi sebagai intercooler. Teknologi Variable Nozzle (VN) pada mesin memungkinkan pengaturan gas buang sehingga dapat memperbesar kinerja mesin. Sedangkan teknologi intercooler berfungsi menurunkan suhu udara panas dari turbocharger sehingga udara ke ruang bakar lebih banyak dan menghasilkan tenaga maksimal.

Versi terbaru Fortuner tersebut menyediakan empat tipe yang terdiri dari G 2.5 dengan perseneling otomatis dan manual serta G 2.5 TRD dengan perseneling otomatis dan manual. "Pada semester II-2012 target penjualan Grand New Fortuner adalah enam ribu unit," kata Johnny.

Toyota Astra Motor,  Fortuner , peluncuran Grand New Fortuner,