News » Aktual
Short URL:
Tips Perawatan Mobil
Solusi Temperatur Mobil yang Cepat Naik
Wed, 17 Oct 2012 | 16:55
Teks : Edwin Syarif
Dibaca : 20.634 kali

SPORTKU.COM - Radiator adalah bagian atau komponen dari sistem pendinginan air. Oleh sebab itu sangat jelas tugas utama radiator sebagai pendingin mesin.

Pada kendaraan mobil, radiator pada umumnya terletak di depan dan berada di dekat mesin atau pada posisi tertentu yang menguntungkan bagi sistem pendinginan. Hal ini bertujuan agar mesin mendapatkan pendinginan yang maksimal sesuai yang dibutuhkan mesin.

Solusi Temperatur Mobil yang Cepat Naikradiator, temperatur cepat naik, tips perawatan mobil,

Temperatur yang tinggi adalah hal  biasa bagi kendaraan yang digunakan cukup lama. Akan tetapi perlu diwaspadai apabila kenaikkan suhu terjadi secara cepat, padahal kendaraan baru digunakan dalam jarak singkat.

Jika terjadi seperti hal tersebut, tentunya terdapat masalah pada kendaraan anda. Untuk itu  wajib memperhatikan radiator terutama pada sistem regulasi air pendingin yang berfungsi untuk menjaga suhu kinerja mesin.

Solusi Temperatur Mobil yang Cepat Naikradiator, temperatur cepat naik, tips perawatan mobil,

Tidak ada salahnya anda perhatikan beberapa saran di bawah ini yang kemungkinan menjadi salah satu penyebabnya: 

1. Tutup radiator, cek kondisi pada karetnya, jika sudah kendur harus segera diganti, karena jika kondisi tutup radiator tidak baik akan dapat menyebabkan kebocoran air radiator yang berdampak pada kenaikan suhu mesin. 

2. Kebocoran radiator, perhatikan kebocoran-kebocoran kecil yang terjadi, hal tersebut bisa diketahui pada saat mesin dalam kondisi yang cukup panas. Untuk memastikan kebocoran, dapat diperhatikan jejak-jejak kebocoran berupa aliran karat yang mengeringkan pada bagian yang bocor. 

3. Penyumbatan karat disaluran radiator, hal ini bisa terjadi karena radiator tidak pernah dirawat dengan baik. misalnya dengan pengurasan secara berkala dan penggunaan air pendingin yang mengandung sifat anti korosif. 

4. Perhatikan kinerja kipas radiator, untuk yang berpenggerak mekanis, pastikan tali kipas bekerja dengan baik. Sementara untuk yang menggunakan electric fan sebagai penggerak, pastikan switch dan motor fan bekerja dengan baik sesuai dengan meningkatnya suhu mesin yang terjadi. 

Solusi Temperatur Mobil yang Cepat Naikradiator, temperatur cepat naik, tips perawatan mobil,

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss