News » Aktual
Short URL:
Tips Berkendara
Sepuluh Poin Yang Harus Diperhatikan Saat Menyalip Mobil
Thu, 27 Sep 2012 | 11:00
Teks :
Dibaca : 46.140 kali

SPORTKU.COM - Etika Menyalip atau mendahului kendaraan lain saat berkendara di jalan raya merupakan salah satu cara berkendara yang sering diabaikan alias tidak diperhatian si pengendara di jalan raya terutama di kota besar.

Hal tersebut bukan hanya karena alasan sopan santun berkendara, tetapi juga demi keselamatan dan menghindari kecelakaan fatal, sehingga menjadi penting untuk dibahas. Ada beberapa etika dan tata cara yang perlu diperhatikan, bukan hanya sekedar menekan klakson dan menambah kecepatan.

Sepuluh Poin Yang Harus Diperhatikan Saat Menyalip Mobil mobil retro, komunitas mobil retro, sl never die, Retro, datsun, dx bandung, jrf, retrocar semarang

Berikut ini sepuluh poin yang perlu kita perhatikan saat hendak mendahului mobil di depan kita. 

1. Pastikan lajur kanan untuk mendahului dalam keadaan lengang dan aman 

2. Perhatikan lampu sen kanan mobil yang hendak kita dahului, bila lampu sen-nya juga menyala tunda dulu niat mendahului. Bisa jadi sen itu tersebut tanda adanya kendaraan dari arah berlawanan, atau mobil di depan hendak membelok kenanan atau bahkan ingin menyalip mobil di depannya. 

3. Lihat Spion untuk memonitor kondisi mobil di belakang kita

4. Disarankan agar menggunakan transmisi rendah saat menyalip, tujuannya agar torsi maksimum kendaraan lebih tercapai sehingga akselarsi kendaraan lebih cepat. 

5. Perhatikan medan untuk menyalip, jangan menyalip di medan yang menanjak atau ketika mobil akan memasuki tikungan, perhatikan pula marka jalan bila ingin mendahului, pengendara dilarang pindah jalur bila ada tanda garis panjang. 

6. Berhati-hati jika ada kendaraan lain di belakang yang mengikuti, atur jarak dan jangan terburu-buru menurunkan kecepatan karena kendaraan yang ikut mendahului butuh ruang untuk masuk lajur kiri. 

7. Hindari menyalip melalui lajur kiri karena pada lajur kiri kadang terdapat pejalan kaki, pedagang atau kendaraan yang sedang berhenti. 

8. Jangan membunyikan klakson secara berlebihan atau menyalakan lampu jauh yang dapat memancing emosi pengendara di depan kita. 

9. Waspada terhadap kendaraan lain terutama kendaraan roda dua. 

10. Sebaiknya kita juga harus menjaga toleransi yang tinggi bila ada kendaraan lain yang minta diberi kesempatan untuk mendahului. Berilah mereka kesempatan terutama bila kendaraan tersebut adalah kendaraan pemadam kebakaran, ambulans, dan yang lainnya yang bersifat sosial.  

Sepuluh Poin Yang Harus Diperhatikan Saat Menyalip Mobil Jip, suzuki, jimny, vitara, suzuki jimny, grand vitara, suzuki jip indonesia, sji, suzuki jip indonesia family gathering, suzuki jip, video

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss