News » Aktual
Short URL:
Wilayah Cina
Aksi Protes Anti Jepang, Honda, Mazda & Nissan Vakum Produksi di Cina
Tue, 18 Sep 2012 | 12:41
Teks :
Dibaca : 54.772 kali

SPORTKU.COM - Gelombang protes anti Jepang yang kini membara di Cina, menohok sejumlah perusahaan otomotif negri Sakura seperti Honda, Mazda dan Nissan terpaksa menghentikan produksi di Cina. Demikian terlansir dari Reuters.

Honda, Mazda dan Nissan, Protes Jepang di Cina, Reuters,

Serangkaian protes anti Jepang meletus atas sengketa teritorial antara kedua negara yaitu Kepulauan Diaoyu dalam bahasa Mandarin atau Senkaku dalam bahasa Jepang. Pada tahun 1885, Jepang mengambil alih kepulauan itu. Sedangkan Beijing mengklaim bahwa Kepulauan Diaoyu merupakan bagian wilayah Cina sejak Dinasti Ming (1368-1644).

Kepulauan itu didokumentasikan dalam peta dan buku. Penghentian ini akan mengistirahatkan produksi selama dua hari dari total empat pabrik Honda. Fakta bahwa dealer setempat telah diserang dan tidak dapat menerima pengiriman.

 

Sementara itu Mazda, berencana menutup fasilitas di Nanjing untuk total empat hari, dimulai hari Selasa. Situs Luo Lei melaporkan, wakil Deputi Sekretaris Jenderal Asosiasi Automobil Cina mengatakan beberapa dealer banyak ditutup setelah beberapa dirusak. Salah satu dealer terjadi pembakaran satu set Honda Civic di Shanghai. Luo Lei juga mengatakan pembeli memboikot barang-barang Jepang, terutama mobil, atas masalah keamanan.

Tak hanya berimbas pada Honda dan Mazda, Toyota dan Panasonic dilaporkan mengalami kerusakan akibat kebakaran. Hal ini dilaporkan dari fasilitas mereka dan satu dealer Toyota. Pengunjuk rasa membalikkan mobil dan kaca depan hancur, sebagai peringatan Insiden Manchuria, 18 September. Tanggal itu menandai peringatan invasi Jepang ke timur laut China pada tahun 1931.

Kepulauan Diaoyu dalam bahasa Mandarin atau Senkaku dalam bahasa Jepang yang menjadi PerebutanHonda, Mazda dan Nissan, Protes Jepang di Cina, Reuters,

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss