News » Aktual
Short URL:
Alex Zanardi
Mantan Pembalap F1, Tanpa Kedua Kaki Raih Emas di Paralimpiade 2012
Fri, 07 Sep 2012 | 16:00
Teks :
Dibaca : 13.476 kali
* Courtesy of Youtube
Embed code : Kaskus Embed Download

SPORTKU.COM -  "Ini merupakan petualangan magis, dan ini adalah sebuah kesimpulan yang fantastis." ujar Alex Zanardi.

Alex Zanardi - Mantan Pembalap F1, Tanpa Kedua Kaki Raih Emas di Paralimpiade 2012 (Foto by CNN)Alex Zanardi, Mantan Pembalap F1, Paralimpiade 2012, hand cycling (sepeda tangan), Sirkuit Brands Hatch, Inggris

Tidak banyak orang mendapatkan kesempatan kedua dalam hidup, tapi Alex Zanardi berhasil meraihnya. Pada tahun 2001 mantan pembalap F1, Alex Zanardi berada di ambang kematian. Beruntung ia  bertahan hidup dari kecelakaan mengerikan, padahal ia hanya memiliki 30% dari suplai darahnya.

Akhirnya ia kehilangan kedua kakinya, diamputasi pada lutut, setelah ditarik dari puing-puing mobilnya di event balap di Jerman.

Tak ada kata menyerah, maju lebih cepat dari satu dekade. Walau di trek balap yang berbeda, mantap pembalap Italia ini tetap terbaik di dunia.

Sementara, ia tidak pernah mampu mencapai puncak kesuksesan di F1, Zanardi menorehkan prestasi di podium pada 44 balapan. Ia adalah juara di Paralimpiade 2012, London untuk nomor hand cycling.

Alex Zanardi - Mantan Pembalap F1, Tanpa Kedua Kaki Raih Emas di Paralimpiade 2012 (Foto by CNN)Alex Zanardi, Mantan Pembalap F1, Paralimpiade 2012, hand cycling (sepeda tangan), Sirkuit Brands Hatch, Inggris

"Saya adalah orang yang sangat beruntung dengan memiliki kehidupan yang luar biasa," ujar  Zanardi (45) setelah memenangkan emas pada nomor hand cycling (sepeda tangan) di Sirkuit Brands Hatch, Inggris, Rabu lalu.

"Saya tidak menyia-nyiakan banyak kesempatan dengan keadaan yang saya miliki kini. Sudah pasti saya memiliki banyak kesempatan, lebih dari kepantasan. Tapi untungnya akhirnya saya membuat pilihan yang tepat."

Bahkan Zanardi bercanda, dengan dosis humor menyedihkan, bahwa kecelakaan itu "adalah bagaimana saya memenangkan tiket ke Paralimpiade 2012."

Alex Zanardi - Mantan Pembalap F1, Tanpa Kedua Kaki Raih Emas di Paralimpiade 2012 (Foto by CNN)Alex Zanardi, Mantan Pembalap F1, Paralimpiade 2012, hand cycling (sepeda tangan), Sirkuit Brands Hatch, Inggris

Sekilas menengok pada tragedi kecelakaan, nasib memanggilnya di Lausitz EuroSpeedway pada 15 September 2001. Dia meniti karier dari belakang lapangan untuk memimpin balapan dengan 13 lap sebelum akhirnya kecelakaan mengubah hidupnya.

Mengingat keparahan luka-lukanya, para dokter di tempat kecelakaan sempat mengatakan Zanardi mestinya tidak selamat.

Tapi gelora semangat dan pantang menyerah selalu merasuki Zanardi. "Itu tampak bodoh, karena pada usia 42 untuk mengenyahkan segalanya, mencoba mengejar agar lolos ke Olimpiade " semangat Zanardi.

Zanardi saat Mengemudi Reynard Honda (No. 66) menderita luka-luka yang mengerikan, pada perlombaan CART Championship seri di Jerman, ia bertabrakan dengan pesaing sesama Alexandre Tagliani (No. 33) (Foto by CNN)Alex Zanardi, Mantan Pembalap F1, Paralimpiade 2012, hand cycling (sepeda tangan), Sirkuit Brands Hatch, Inggris

Akhirnya Zanardi mendapat satu gebrakan adrenalin yang lain. Pada tahun 2007 pada ajang Marathon di New York, dia bertarung dengan sepeda tangan (hand cycling), yaitu olahraga di mana sepeda dijalankan oleh lengan pengendara pada 2007 New York maraton.

Segera setelah kemenangannya, keluarga F1, termasuk mantan juara dunia, Mario Andretti dan Jenson Button memberi selamat Zanardi lewat situs media sosial.

Begitu terang bara semangat dari seorang Alex Zanardi. Tragedi bukanlah akhir, kegagalan adalah semangat keberhasilan. Mungkin Zanardi terinspirasi oleh kata-kata Henry Ford, pendiri Ford Motor Company : " Bila Anda berpikir bisa, maka Anda benar. Bila Anda berpikir tidak bisa, Anda pun benar. Karena ketika seseorang berpikir tidak bisa, maka sesungguhnya dia telah membuang kesempatan untuk menjadi bisa"

Sumber Berita : CNN   Foto : Getty Images

Zanardi membawa kembali sukses, untuk motorsport setelah kecelakaan horor dan berlari di mobil seaters dan tur tunggal, menggunakan kaki palsu dan kendaraan dimodifikasi (Foto by CNN)Alex Zanardi, Mantan Pembalap F1, Paralimpiade 2012, hand cycling (sepeda tangan), Sirkuit Brands Hatch, Inggris

SUMBER

SPORTKU.com , is one of the products of Strategi Inisiatif Media, Jakarta - INDONESIA. 

Use our RSS Feeds to get current update :
http://mobil.sportku.com/feeds/rss
http://motor.sportku.com/feeds/rss