News » Aktual
Short URL:
-Model Sport Utility Vehicle (SUV)
Range Rover 2013, Makin Macho Namun Hemat BBM
Fri, 17 Aug 2012 | 13:00
Teks :
Dibaca : 19.930 kali

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA--Model Sport Utility Vehicle (SUV) Range Rover 2013 mulai dijual di pasar AS pada Desember nanti. Model itu menampilkan body yang lebih macho, bobot lebih ringan dan lebih hemat bahan bakar.

Model yang memiliki lima kursi itu memiliki struktur aluminium unibody, yang pertama untuk SUV, kata Land Rover seperti dikutip Automotive News. Bobot mobil sebesar 39 persen lebih ringan daripada bodi baja seperti Range Rover 2012.

Land Rover mengatakan model Range Rover 2013 untuk pasar AS menggunakan mesin V8 5.0-liter dan 700 kilo lebih ringan dari model saat ini. Range Rover mengatakan performa dan efisiensi bahan bakarnya jauh lebih hebat.

Harganya baru akan diungkapkan pada bulan depan. Desain eksterior tidak berubah secara drastis kecuali lekukan garis tipis dan lampu depan yang mirip dengan SUV Kompak Range Rover Evoque terbaru.

"Range Rover terbaru mempertahankan esensi, karakter unik kendaraan. Perpaduan kemewahan, kinerja dan kemampuan segala medan yang tak tertandingi," kata Direktur Merek Global Land Rover John Edwards.

"Konsep desain yang sempurna dan konstruksi ringan yang revolusioner memungkinkan kami mengubah pengalaman pelanggan akan mobil mewah dengan perubahan, perbaikan dan penanganan," katanya.

Model itu dilengkapi dengan suspensi udara terbaru pada empat sudut untuk meningkatkan kemampuan ketika menikung dan berkendara, kata Land Rover.

Land Rover belum akan merilis spesifikasi kendaraan hingga bulan depan tetapi kabin penumpang belakang meningkat sebesar 4,7 inci.

Range Rover 2013 memiliki suspensi dinamis yang adatif. Sistem baru yang disebut Terrain Response 2 Auto menggunakan berbagai sensor untuk mengetahui permukaan jalan dan membuat penyesuaian traksi secara otomatis, kontrol transmisi, elektronik yang berbeda, transfer box dan suspensi udara.

Kebisingan interior telah dikurangi dengan laminasi kaca depan dan lapisan kaca samping, kata perusahaan itu. Model itu menggunakan Mesin V-8 dengan transmisi otomatis terbaru delapan percepatan ZF.

Range Rover generasi keempat akan diproduksi di pabrik aluminium terbaru di pabrik Solihull Land Rover di Inggris.